Minggu, 16 Desember 2018

Kunjungan Ke PT. Sarana Bandar Nasional


PT.Sarana Bandar Nasional.

Merupakan salah satu anak perusahaan PT. (Persero) Pelayaran Nasional Indonesia salah satu perusahaan pelayaran BUMN terkemuka di Indonesia yang kini telah bermetamorfosa menjadi Pelni Logistics, yaitu branding untuk PT. Sarana Bandar Nasional, anak perusahaan dan groupnya yang memiliki visi menjadi total logistics company.
Berdiri sejak 31 Maret 1986, Pelni Logistics saat ini menangani bisnis jasa bongkar muat, freight forwarding, transportasi dan distribusi, pengurusan kepabeanan (PPJK), pergudangan, depo container, serta pengusahaan retail dan trading melalui seluruh lini bisnisnya yang tersebar diseluruh wilayah nusantara, dengan dukungan 56 kantorcabang, strategic business unit (SBU), anak perusahaan dan kapal-kapal perusahaan induk yang memiliki jadwal tetap dan teratur.
PT. Sarana Bandar Nasional ( cabang Tj. Priok ) telah mndapatkan sertifikat  Keselamatan OSAS. Dalam Undang – undang setiap perusahaan wajib memiliki perusahaan logistik sendiri. Target PT.Pelni yaitu mencapai 35 milyar / tahun.
Yang di jual PT.Pelni yaitu  jadwal kapal .
contohnya : Jadwal kapal berangkat pada jam 16.00 wib , baik ada penumpang / tidak ada muatan kapal harus tetap berangkat sesuai jadwal yang sudah di tentukan.

Jenis Kapal.
Kapal memiliki 3 jenis yaitu :
  1. Kapal angkut penumpang. 
  2. Kapal angkut penumpang + barang ( 2in1 ). 
  3. Kapal angkut penumpnga + barang + kendaraan ( 3in1 ).

KENDALA :

Kendala yang sering dialami biasanya dalam bongkar muat , dimana :
  • sumber daya manusianya yang kurang ahli / sedikit. contoh nya di daerah pedalaman hanya memiliki beberapa buruh saja berbeda dengan daerah yang sudah maju dimana mereka memiliki banyak SDM dan karyawan yang sudah ahli. 
  • Di daerah yang susah di jangkau/ pedalaman masih belum mempunyai peralatan yang modern. 
  • Ketika crane/ Derek rusak. 
  • Ketika ban bocor saat membawa container dari depo.
Tol Laut.

Tol laut adalah konsep untuk memperbaiki proses pengangkutan logistik di Indonesia yang saat ini sedang gencar diterapkan oleh pemerintah . Sehingga diharapkan proses distribusi barang (terutama bahan pangan) di Indonesia menjadi semakin mudah. Kemudian, berdampak pada harga bahan pokok yang semakin merata di seluruh wilayah Indonesia.
Contoh pelabuhan yang terhubung dengan tol laut Indonesia cetusan Ir. Joko Widodo adalah pelabuhan Tanjung Priok dengan Tanjung Perak, Sorong dengan Tanjung Perak.

Palka.
Ruang palka (ruang muat) adalah ruangan dibawah geladak gunanya untuk tempat menyimpan muatan kapal. Barang muatan harus dapat tersimpan dengan baik, tidak rusak dan tidak busuk. Karena itu ruangan palka harus dapat memenuhi beberapa persyaratan tertentu diantara ialah :
  • Ruang palkah harus kedap air, artinya barang yang ada di dalam ruang palka tersebut harus dapat dijamin tidak kemasukan air.
  • Ruang palka harus tidak mudah terpengaruh panas dari luar sehingga es yang di dalam palka tidak mudah mencair atau suhu yang rendah di dalam palka tidak mudah berubah naik.


Kapal Ferry Ciremai 3in1 .

Rute Kapal ferry ciremai yaitu  : JKT – SBY – MKS – BAUBAU – SRORONG – MONOKWARI – BIAK - JAYA PURA.
Kapal ciremai memiliki kapasitas :
  • Mobil 80 – 90  biasanya tergantung dari jenis mobilnya. 
  • Motor 1000 unit. 
  • 2.000 penumpang.
  • container ditentukan sesuai dengan ketentuan serta kapasitas dan kapal yang mengangkut container 40 feet hanya satu.
Didalam tempat penyimpanan mobil dan motor ada lassing yang berfungsi sebagai pengikat mobil dan motor agar kendaraan tidak bergerak ketika kapal berla

Dokumentasi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar