Value Chain ( Rantai
Nilai ).
Apa yang dimaksud
dengan value chain ?
Value chain adalah kumpulan kegiatan yang dilakukan untuk
mendesain, memproduksi, memasarkan, mengirim, dan mendukung produknya. Semua
kegiatan ini dapat diwakili menggunakan rantai nilai.
Kenapa rantai nilai
perusahaan dalam suatu industry berbeda ?
Perbedaan antara rantai nilai pesaing merupakan sumber
kunci keunggulan kompetitif. Rantai nilai perusahaan dalam suatu industry mungkin
agak berbeda yaitu dalam lini produknya , atau pembeli yang berbeda wilayah
geografis maupun saluran distribusi. Namun rantai nilai untuk himpunan bagian
dari suatu perusahaan terkait erat dan hanya dapat dipahami dalam konteks rantai
unit bisnis. Rantai nilai perusahaan berbeda karena mencerminkan sejarah,
strategis, dan keberhasilan mereka pada implementasi. Satu perbedaan yang
penting yaitu bahwa rantai nilai perusahaan dapat berbeda dalam ruangan lingkup
kompetitif dari pesaingnya yang mewakili sumber potensial dari keunggulan kompetitifnya.
Dimana hanya melayani segmen industry tertentu yang memungkinkan perusahaan
untuk menyesuaikan rantai nilainya ke segmen tersebut dan menghasilkan
biaya atau diferensiasi yang lebih
rendah dalam melayani segmen tersebut dibandingkan dengan pesaing.
Kemana perusahaan memeriksa
aktivitas atau kegiatan perusahaan ?
Perusahaan dapat memeriksa aktifitas atau kegiatan
dari suatu perusahaan dengan
memperkenalkan rantai nilai. Dimana rantai nilai memisahkan perusahaan menjadi
kegiatan strategis yang relavan untuk memahami perilaku biaya dan sumber
diferensiasi yang ada pada potensial.
Siapa yang menjalankan
aktivitas value chain ?
Yang menjalankan aktivitas value chain adalah
perusahaan itu sendiri dimana rantai nilai setiap perusahaan merupakan kegiatan
yang di lakukan untuk mendesain,memasarkan, mengirim, dan mendukung semua
kegiatan atau aktivitas tersebut. Dan ekonomi yang mendasari aktivitas atau
kegiatan itu sendiri agar kegiatan value
chain dalam suatu perusahaan berjalan
dengan lancar .
Bagaimana cara mengukur
nilai dalam suatu perusahaan ?
Dalam istilah kompetitif, nilai adalah jumlah pembeli yang
bersedia membayar untuk apa yang disediakan oleh perusahaan. Nilai diukur
dengan total pendapatan atau cerminan dari harga produk suatu perusahaan dan
unit yang dapat dijualnya. Suatu perusahaan bisa dikatakan untung jika nilai
yang diterimanya melebihi biaya yang terlibat dalam pembuatan produk. Dengan menciptakan
nilai bagi pembeli yang melebihi biaya merupakan tujuan dari strategi umum value chain. Rantai nilai menampilkan nilai
total, dan terdiri dari aktivitas nilai dan margin.
Referensi :
Porter Michael E.1985.Competitive Advantage creating and sustaining superior performance with new introduction.Chapter 2 The Value Chain and Competitive Advantage(hal 33-45).New York .Simon&Shcuster inc.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar