Sabtu, 14 April 2018

#TM8Sabtu140418 Value Chain.



Value Chain ( Rantai Nilai ).

Apa yang dimaksud dengan value chain ?
Value chain adalah kumpulan kegiatan yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, mengirim, dan mendukung produknya. Semua kegiatan ini dapat diwakili menggunakan rantai nilai. 

Kenapa rantai nilai perusahaan dalam suatu industry berbeda ?
Perbedaan antara rantai nilai pesaing merupakan sumber kunci keunggulan kompetitif. Rantai nilai perusahaan dalam suatu industry mungkin agak berbeda yaitu dalam lini produknya , atau pembeli yang berbeda wilayah geografis maupun saluran distribusi. Namun rantai nilai untuk himpunan bagian dari suatu perusahaan terkait erat dan hanya dapat dipahami dalam konteks rantai unit bisnis. Rantai nilai perusahaan berbeda karena mencerminkan sejarah, strategis, dan keberhasilan mereka pada implementasi. Satu perbedaan yang penting yaitu bahwa rantai nilai perusahaan dapat berbeda dalam ruangan lingkup kompetitif dari pesaingnya yang mewakili sumber potensial dari keunggulan kompetitifnya. Dimana hanya melayani segmen industry tertentu yang memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan rantai nilainya ke segmen tersebut dan menghasilkan biaya  atau diferensiasi yang lebih rendah dalam melayani segmen tersebut dibandingkan dengan pesaing.

Kemana perusahaan memeriksa aktivitas atau kegiatan perusahaan ?
Perusahaan dapat memeriksa aktifitas atau kegiatan dari suatu  perusahaan dengan memperkenalkan rantai nilai. Dimana rantai nilai memisahkan perusahaan menjadi kegiatan strategis yang relavan untuk memahami perilaku biaya dan sumber diferensiasi yang ada pada potensial.

Siapa yang menjalankan aktivitas value chain ?
Yang menjalankan aktivitas value chain adalah perusahaan itu sendiri dimana rantai nilai setiap perusahaan merupakan kegiatan yang di lakukan untuk mendesain,memasarkan, mengirim, dan mendukung semua kegiatan atau aktivitas tersebut. Dan ekonomi yang mendasari aktivitas atau kegiatan itu sendiri  agar kegiatan value chain dalam suatu perusahaan  berjalan dengan lancar .

Bagaimana cara mengukur nilai dalam suatu perusahaan ?
Dalam istilah kompetitif, nilai adalah jumlah pembeli yang bersedia membayar untuk apa yang disediakan oleh perusahaan. Nilai diukur dengan total pendapatan atau cerminan dari harga produk suatu perusahaan dan unit yang dapat dijualnya. Suatu perusahaan bisa dikatakan untung jika nilai yang diterimanya melebihi biaya yang terlibat dalam pembuatan produk. Dengan menciptakan nilai bagi pembeli yang melebihi biaya merupakan tujuan dari strategi umum  value chain. Rantai nilai menampilkan nilai total, dan terdiri dari aktivitas nilai dan margin.



Referensi :
Porter Michael E.1985.Competitive Advantage creating and sustaining superior performance with new introduction.Chapter 2 The Value Chain and Competitive Advantage(hal 33-45).New York .Simon&Shcuster inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar