Apa yang dimaksud dengan Cost Advantage ? Cost Advantage adaalah salah satu dari dua jenis keunggulan kompetitif yang
dimiliki perusahaan.
( What ) Bullwhip
Effect mengacu pada jenis distorsi yang terjadi dalam proses transmisi
informasi pesanan hulu, yang merupakan fluktuasi besar dalam kuantitas pesanan
hulu disebabkan oleh fluktuasi permintaan hilir. Ini adalah fenomena umum dalam
rantai pasokan.
Kenapa biaya
sangat penting untuk strategi diferensiasi ? karena disetiap perusahaan mereka
harus bisa membedakan dan perpertahankan jarak biaya dengan pesaing. kecuali
jika harga yang dihasilakan dari
perusahaan melebihi biaya pembedaan, pembedaan akan gagal untuk mencapai
kinerja yang unggul. Perilaku biaya juga memberikan pengaruh yang kuat pada
struktur industry secara keseluruhan.
( Why ) karena
dengan adanya Bullwhip Effect membuat sulit bagi perusahaan untuk memahami
tuntutan pasar, menyebabkan overstock dan mengurangi efisiensi operasional
untuk seluruh rantai pasokan.
Bagaimana efek perbedaan
rantai nilai dari kedua perusahaan yang berbeda ? perbedaan
rantai nilai yang berbeda dari kedua perusahaan yang berbeda akan menimbulkan
perbedaan efisiensi cost kedua perusahaan. Rantai nilai biasanya mencakup
sebagian dari kegiatan nilai dan
perusahaan dapat mengisolasi efek dari rantai
yang berbeda pada posisi biaya relative dengan membandingkan biaya kegiatan
berbeda dengan biaya relative posisi sebuah perusahaan dalam kegiatan nilai yang
sama dengan pesaing. ( How )Cara
terbaik untuk memecahkan Bullwhip Effect adalah untuk mengurangi knot dari rantai
pasokan sejauh mungkin, sehingga untuk lebih memastikan keakuratan informasi.
Menggunakan sistem manajemen rantai pasokan yang efisien dapat mengurangi
Bullwhip Effect dan menyadari respon real-time, langsung mengurangi biaya
operasi perusahaan.
Kapan perusahaan dapat memperoleh keuntungan biaya ? perusahaan memperoleh keuntungan dengan penggerak biaya kegiatan nilai yang mewakili proporsi signifikan dari total biaya . keuntungan biaya tidak saling ekslusif,biaya yang berhasil biasanya mendapatkan keuntungan dari biaya sumber multiple. Dalam rantai nilai keuntungan biaya tidak berasal dari satu aktivitas tetapi dari banyak aktivitas dan konfigurasi ulang dari rantai nilai sering memainkan peran dalam menciptakan keunggulan biaya.
Siapakah yang mengelola kegiatan dalam cost advantage bagi skala
ekonomi ?
Perusahaan harus mengelolah kegiatan-kegiatan
yang membawa keuntungan bagi skala ekonomi. Perusahaan dengan pangsa global
yang tinggi harus mengelola pengembangan
produk untuk menekankan skala global, misalnya dengan menekankan produk-produk
dunia yang disesuain di setiap negaranya. Tekanan aktivitas nilai di dorong
oleh jenis skala dimana perusahaan memiliki keuntungan karena berbagi jenis
skala mendorong biaya dari aktivitas nilai yang berbeda , perusahaan harus
menetapkan strategi untuk menekankan sebanyak mungkin kegiatan dimana ia
memiliki skala superior dari jenis yang sesuai.
Referensi
:
Porter Michael E.1985.Competitive Advantage
creating and sustaining superior performance with new introduction.Chapter 3
The cost advantage.New York.Simon&Shcuster.
Dai jianhuai,PS,LS.
Mitigation of Bullwhip Effect in Supply Chain Inventory Management Model.
Beijing. School of Economics and Management, Communication University of China.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar